Tuesday, April 21, 2015

Mengenal lalu Mencoba - Vaporizer by M.Doctor Vape

  with  2 comments     Edit

Personal Vaporizer yang biasa dikenal sebgai Rokok Elektrik adalah alat dimana e-liquid dirubah menjadi uap yang dapat dihirup sehingga memberikan efek seolah-olah merokok. Mirip seperti sisha yang memiliki banyak rasa namun bentuknya sangat jauh berbeda seperti yang kita ketahui sisha memiliki alat yang sangat besar dan tidak menggunakan e-liquid untuk perasanya sedangkan vaporizer atau vape memiliki alat yang kecil dan menggunakan e-liquid untuk perasanya.

Hal yang menjadi menarik adalah ketika keluar hitsnya “stop smoking, start vaping” dimana dibeberapa tempat dituliskan “No Smoking” namun tempat tersebut dipenuhi oleh asap layaknya asap rokok. Perbedaan rokok dan vape jelas sangat berbeda dimana rokok itu dibakar dan menghasilkan asap sedangkan vape tidak terdapatnya pembakaran yang mengeluarkan asap namun yang dikeluarkan adalah uap. Asap pada vape juga memiliki sifat yang tidak membahayakan karena sebenarnya itu bukan asap melainkan uap, sangat berbeda dengan rokok pada umumnya yang asapanya sangat membahayakan bagi orang sekitar.

Dengan begitu lahirlah harapan  bagi para pecandu rokok yang ingin berhenti merokok. Sifat kecanduan yang dimiliki perokok umumnya karena adanya nikotin yang ada didalam rokok, yang sebenarnya kita bukan candu terhadap rokok melainkan nikotin yang ada didalamnya. Apa solusinya? E-Liquid pada vaporizer memiliki banyak varian ada yang memiliki nikotin dan ada yang tidak sama sekali, bukan berarti ingin membuat vape sama dengan rokok melainkan untuk membantu para perokok berat untuk ber henti step by step. Dengan memilih liquid yang rendah kadar nikotinnya hal tersebut akan sangat membantu untuk mengontrol tingkat candu yang dimiliki terhadap nikotin dan menurunkan perlahan-lahan kadar nikotin akan membuat kita terlepas dari sifat candu terhadap nikotin. Sangat mengiurkan bukan?

Apa saja yang dibutuhkan untuk vaping?



STARTER KIT
Starter Kit adalah vaporizer yang sudah utuh dan bersifat paket. Biasanya didalamnya sudah termasuk body vape, charger, battery, atomizer, dan sebagainya. Menggunakannya juga sangat mudah, semua sudah termasuk paket sehingga tidak perlu pusing-pusing untuk memilih. Namun uap yang dihasilkan tidak terlalu banyak namun hal tersebut membuat liquid yang digunakan jauh lebih irit.


ADVANCED MOD
MOD merupakan body dari vaporizer yang salah satu kegunaannya adalah menyimpan batrai. Mod terbagi menjadi dua yaitu Mechanical Mod dan Electrical Mod. Electrical Mod yaitu body vaporizer yang memiliki komponen listrik didalamnya dan karena adanya komponen listrik ini kita dapat mengganti voltage atau watt yang diinginkan. Informasi mod sangat mudah dikelathui sehingga dapat kita cocokan dengan keinginan kita. Berbeda dengan Electrical Mod, Mechanical Mod tidak memiliki komponen listrik pada body dan hanya sebagai pengantar arus listrik dari battery ke atomizer namun mechanical mod dapat meningkatkan performa atomizer. Mod ini akan menguapkan liquid lebih cepat namun akan menghabiskan liquid yang lebih banyak.


ATOMIZER
Atomizer merupakan tank yang merupakan tempat penampungan liquid dan juga merupakan tempat coil untuk menguapkan liquid. Terdapat dua jenis Atomizer yitu non-rebuildable dan rebuildable . Non-rebuildable atomizer bisa juga disebut clearomizer biasanya sudah terdapat paket yang didalamnya sudah ada drip tip dan coil dan diperlukan penggantian coil secara rutin. Re-buildable Atomizer  yaitu atomizer yang tanknya dapat kita buat sendiri dengan keinginan kita. Coil dan wicknya juga harus dibuat sendiri yang nantinya akan menentukan jumlah uap serta rasa yang dihasilkan. RBA juga terbagi menjadi dua RTA (Re-buildable Tank Atomizer dan RDA (Re-Buildable Dripping Atomizer).



COIL
Coil adalah elemen pada Atomizer, coil pada rebuidable atomizer (RBA) terbuat dari kawat (wire) atau nichrome yang digulung sesuai dengan bentuk yang diinginkan lalu dihubungkan pada port positif dan negative Atomizer sehingga membuat coil ini menyala seperti bara dan membakar e-liquid hingga menguap dan mengeluarkan asap. Namun berbeda pada coil pada non-rebuildable atomizer yang berbentuk sepaket dan harus di cocokan dengan clearomizer yang digunakan.


E-LIQUID
E-liquid biasanya berisi Propulylene Glycol yang merupakan karbohidrat uang biasaya berasal dari minyak sayur dan Glycerin yang merupakan cairan organic yang junak. Biasanya Propulylene Glycol dan Glycerin campur dengan perasa buatan makanan atau minuman dan jadilah sebua E-Liquid.



ALAT-ALAT PENDUKUNG
Battery : Merupakan elemen terpenting pada Vape, tanpa battry Vape tidak akan berfungsi dan tidak dapat menghasilkan uap
Charger : Alat yang digunakan untuk mencharge battry
Wick : Sumbu yang digunakan pada atomizer
Wire : Kawat yang digunakan dalam membuat coil
Cotton : Bahan yang digunakan untuk membuat Wick
Drip Tip : Aksesoris yang digunakan dalam atomizer, biasanya digunakan untuk kenyamanan dan terlihat lebih menarik



Reactions:

2 comments:

Post a Comment